RiauViral.Com

RiauViral.Com

 Breaking News
  • Pecinta Konin Bersiaplah Untuk KOBER 3 Bagi pecinta Kolibri Ninja atau yang biasa disingkat Konin, siap-siap nih sebentar lagi ada iven yang bakal mengasah kekompakan kamu dengan si doi. Melanjutkan kesuksesan iven-iven sebelum nya, KKNP (Komunitas...
  • HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola RIAUVIRAL.COM-Ikatan Putera Pekanbaru (IPP) Provinsi Riau, akan mengadakan turnamen sepak bola antar klub di Pekanbaru sekitarnya. Turnamen sepak bola terbuka untuk umum ini dilaksanakan pada Januari 2017 mendatang. Kegiatan yang...
  • Koes Plus Manggung Lagi Bulan Depan Direncanakan pada 9 Desember 2016, grup band legendaris Koes Plus akan menggelar konser bertajuk “Andaikan Koes Plus Datang Kembali” di Balai Sarbini, Jakarta. Tentunya pertunjukan ini bisa menjadi pengobat rindu...
  • Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media RIAUVIRAL.COM-Ratusan peserta dari berbagai media mengikuti Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu, 19 November 2016 di Gedung Perpustakaan Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ke-5 yang mengusung isu...
  • Iven Riau Trailrun Race, Harumkan Nama Pekanbaru RIAUVIRAL.COM-Iven Riau Trailrun Race (RTR) 2016 berlangsung sukses. Kegiatan yang diadakan Komunitas Pecinta Lari Alam Terbuka di Pekanbaru ini berhasil menyedot perhatian publik dan media sosial. Hal ini dibuktikan dari...

Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media

Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media
November 22
14:36 2016

RIAUVIRAL.COM-Ratusan peserta dari berbagai media mengikuti Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu, 19 November 2016 di Gedung Perpustakaan Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ke-5 yang mengusung isu lingkungan ini diresmikan langsung Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman.

Ratusan foto berjejer di teras Gedung Pustaka Soeman HS Kota Pekanbaru. Berbagai tema gambar ditampilkan dengan mengusung berbagai judul. Namun, kali ini AJI memberikan tema Media Cerdas Lestarikan Bumi, sebagai tema utama yang dibangun dari setiap foto yang terbingkai dikirim oleh para peserta.

festival_media_aji_2016_di_pekanbaru_diikuti_ratusan_media_2

Seorang bocah ditemani kakeknya menunjuk sebuah foto bertema lingkungan di teras Gedung Pustaka Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ini ditaja AJI Indonesia di Riau.

Kegiatan berlangsung dua hari itu juga diisi talkshow dan workshop serta pameran. Peserta bukansaja datang dari kalangan media, namun juga pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum. Fesmed tahun 2016 ini, pertama kali diadakan di luar pula Jawa. Sebelumnya fesmed telah dilaksanakan di Bandung, Jogyakarta, Surabaya dan Jakarta.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, disapa Andi ini memberikan apresiasi atas kegiatan Fesmed yangditaja AJI Indonesia, saat membuka acara di hari pertama. Tema isu lingkungan, menurut Andi, dinilai tepat dengan kondisi yang dialami Riau. Apalagi selama 19 tahun terakhir, Riau selalu akrab dengan musibah kabut asap.

“Tema yang diusung tepat sekali. Alhamdulillah ulang tahun ke-19 kabut asap, mudah-mudahan tidak terjadi tahun ini. AJI adalah mitra pembangunan di Riau, saya berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan di masa mendatang. Terima kasih atas terpilihnya Riau sebagai tempat Fesmed yang ke-5,” kata Andi dalam sambutanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Bambang Hendroyono, melalui Kepala Balai dan Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera di Medan, Halasan Tulus menilai media salah satu yang berperan dalam mengawal pembangunan.

Untuk itu, melalui Fesmed ini, AJI telah memperlihatkan kepedulian dan partisipasinya dalam perberantasan mafia pembakar hutan di Indonesia. “AJI sudah berperan untuk melestarikan bumi. Dengan cara, menyebarluaskan cara pelestarian bumi, menyebarkan luaskan yang telah dijerat hukum atas terbakarnya hutan, terima kasih,” jelas Halasan Tulus, dalam sambutannya.

festival_media_aji_2016_di_pekanbaru_diikuti_ratusan_media_1

Para undangan melihat foto berjejer di teras Gedung Pustaka Soeman HS Kota Pekanbaru. Lomba foto bertemakan Isu Lingkungan ini ditaja AJI Indonesia di Riau, Sabtu, 19 November 2016

Sementara, Ketua AJI Indonesia, Suwarjono mengungkapkan, tujuan Fesmed adalah membangun literasi media dan mencerdaskan masyarakat secara luas. Tema Fesmed 2016 di Riau, mengambil tema isu lingkungan. Pasalnya, hal ini bentuk keprihatinan AJI terhadap Provinsi Riau yang terus menerus diserang kabut asap.

“Kita berharap asap kebakaran hutan menjadi isu media yang makin besar. Banyak ilmu yang akan didapat pada Festival AJI ini,” kata Suwarjono.

Usai pembukaan Fesmed 2016 di Pekanbaru, Gubri dan para undangan melihat pameran foto yang diperlombakan. Sementara itu persiapan talkshow dilanutkan oleh pihak panitia. Begitu pula workshop akan direncanakan akan berlangsung esok.

Saat melihat pameran foto yang ditampilkan oleh peserta, para undangan berdecak kagum ketika berbagai kreativitas foto ditampilkan bertema isu lingkungan itu. Tak sedikit anak-anak dan para pelajar memperhatikan sebuah foto kebakaran hutan dan lahan yang ada di sebuah kabupaten/ kota di Riau.

Salah seorang peserta lomba foto mengaku, gambar yang diambil karena memang dirinya meluangkan waktu terjun ke lapangan saat kebakaran hutan berlangsung. Dan, ia tahu bahwa masih banyak penderitaan yang dialami akibat kebakaran hutan dan asap tersebut. *

Facebook Comments

About Author

dors

dors

Related Articles

Viral Quotes

Hidup Itu Indah jika kita menjalaninya dengan bla-bla...~Aistweet this quotes

Ikuti Kami di Twitter

Ikuti kami melalui Email

Dapatkan Postingan terbaru dari kami di Email anda

Translate