RiauViral.Com

RiauViral.Com

 Breaking News
  • Pecinta Konin Bersiaplah Untuk KOBER 3 Bagi pecinta Kolibri Ninja atau yang biasa disingkat Konin, siap-siap nih sebentar lagi ada iven yang bakal mengasah kekompakan kamu dengan si doi. Melanjutkan kesuksesan iven-iven sebelum nya, KKNP (Komunitas...
  • HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola RIAUVIRAL.COM-Ikatan Putera Pekanbaru (IPP) Provinsi Riau, akan mengadakan turnamen sepak bola antar klub di Pekanbaru sekitarnya. Turnamen sepak bola terbuka untuk umum ini dilaksanakan pada Januari 2017 mendatang. Kegiatan yang...
  • Koes Plus Manggung Lagi Bulan Depan Direncanakan pada 9 Desember 2016, grup band legendaris Koes Plus akan menggelar konser bertajuk “Andaikan Koes Plus Datang Kembali” di Balai Sarbini, Jakarta. Tentunya pertunjukan ini bisa menjadi pengobat rindu...
  • Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media RIAUVIRAL.COM-Ratusan peserta dari berbagai media mengikuti Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu, 19 November 2016 di Gedung Perpustakaan Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ke-5 yang mengusung isu...
  • Iven Riau Trailrun Race, Harumkan Nama Pekanbaru RIAUVIRAL.COM-Iven Riau Trailrun Race (RTR) 2016 berlangsung sukses. Kegiatan yang diadakan Komunitas Pecinta Lari Alam Terbuka di Pekanbaru ini berhasil menyedot perhatian publik dan media sosial. Hal ini dibuktikan dari...

HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola

HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola
December 06
12:53 2016

RIAUVIRAL.COM-Ikatan Putera Pekanbaru (IPP) Provinsi Riau, akan mengadakan turnamen sepak bola antar klub di Pekanbaru sekitarnya. Turnamen sepak bola terbuka untuk umum ini dilaksanakan pada Januari 2017 mendatang. Kegiatan yang direncanakan diikuti oleh 32 klub Sepak Bola ini, dalam rangka menyambut Hari Jadi atau Ulang Tahun IPP ke-61, memperebutkan Piala IPP Cup 2017.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum IPP, H Yusfar kepada riauviral.com, baru-baru ini. “Kegiatan turnamen sepak bola ini akan diikuti oleh 32 klub di Pekanbaru dan sekitarnya. Kegiatan ini bakal diikuti umum pada Januari 2017 mendatang memperebutkan Piala IPP Cup 2017,” kata H Yusfar.

Dijelaskan Yusfar, sejak berdiri, IPP terkenal dengan potensi pemuda melalui olahraga sepak bola. Alasan itulah IPP akan mengadakan turnamen sepak bola ini dalam rangka Hari Jadi IPP ke-61. “IPP dulunya terkenal dengan olahraga sepak bola. Melalui potensi pemuda ini, IPP mencoba membangkitkan lagi potensi olahraga ini sekaligus mensosialisasikan ke khalayak ramai,” jelas Yusfar.

ipp_adakan_turnamen_sepak_bola_hut_ipp_ke-60

Turnamen Sepak bola IPP diikuti 32 klub dalam rangka menyambut Hari Jadi atau Ulang Tahun IPP ke-61, memperebutkan Piala IPP Cup 2017.

Yusfar menjelaskan, IPP sebagai organisasi tertua di Provinsi Riau, berdiri pada tanggal 3 Desember 1955, di sebuah Dusun bernama Payung Sekaki. Sementara saat itu Provinsi belum terbentuk, karena masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sumatera Tengah, yakni Jambi, Sumatera Barat dan Riau.

Secara historikal, kata Yusfar, perkembangan organisasi kemasyarakatan dan perkumpulan pemuda Pekanbaru Riau ini dimulai dari pengaruh kerajaan Melayu tempo dulu, yakni Kerajaan Siak Sri Indrapura dengan nama Senapelan atau sekarang disebut Kota Pekanbaru. Pada masa itu, kota Pekanbaru menjadi pusat perkembangan pemerintahan Melayu pada masa Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah.

Yusfar mengatakan, IPP dibentuk oleh keturunan para pemuda dari Datuk Empat Suku masa Kerajaan Siak Sri Indrapura, yaitu Datuk Limapuluh, Datuk Pesisir, Datuk Tanah Datar dan Datuk Kampar. Mereka sepakat membentuk dan mendirikan Ikatan Pemuda Pekanbaru (IPP), yang sekarang diubah menjadi Ikatan Putera Pekanbaru (IPP). Setelah berdiri, organisasi ini pun mendapat dukungan dan bantuan dari Gubernur Sumatera Tengah.

“Sekarang IPP sudah berusia 61 tahun. IPP juga sudah memiliki sekretariat berlantai II beralamat di Jalan Panglima Undan Nomor 5, dan memiliki Lapangan Kampung Bukit, di Senapelan Pekanbaru,” kata dia.

IPP Terkenal Sepak Bola

Dijelaskan Yusfar, pada 1959-1960, IPP terkenal dengan olahraga, yakni sepak bola. Kesebelasan IPP menanjak hingga ke Belanda dan sejumlah negara Eropa lainnya, yang dipimpin oleh Encik Nong Abdullah Sekh (alm). Dari dasar inilah nama sepak bola di Pekanbaru memakai nama Persatuan Sepak Bola Pekanbaru dan Sekitarnya atau disebut PSPS.

“IPP itu dulunya terkenal dengan olahraga sepak bolanya. Bahkan, Kesebelasan IPP terkenal sampai ke Belanda dan sejumlah negara Eropa. Kesebelasan IPP waktu itu dipimpin Encik Nong Abdullah Sekh yang kini sudah Almarhum. Jasa-jasa mendiang sangat besar terhadap persepakbolaan di Riau dan memberikan nama harum IPP,” terang Yusfar. *

Facebook Comments

Related Articles

Viral Quotes

Kejarlah bayanganmu, meski itu sulit digapai.... (semangat hidup)~unchutweet this quotes

Ikuti Kami di Twitter

Ikuti kami melalui Email

Dapatkan Postingan terbaru dari kami di Email anda

Translate