RiauViral.Com

RiauViral.Com

 Breaking News
  • Pecinta Konin Bersiaplah Untuk KOBER 3 Bagi pecinta Kolibri Ninja atau yang biasa disingkat Konin, siap-siap nih sebentar lagi ada iven yang bakal mengasah kekompakan kamu dengan si doi. Melanjutkan kesuksesan iven-iven sebelum nya, KKNP (Komunitas...
  • HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola RIAUVIRAL.COM-Ikatan Putera Pekanbaru (IPP) Provinsi Riau, akan mengadakan turnamen sepak bola antar klub di Pekanbaru sekitarnya. Turnamen sepak bola terbuka untuk umum ini dilaksanakan pada Januari 2017 mendatang. Kegiatan yang...
  • Koes Plus Manggung Lagi Bulan Depan Direncanakan pada 9 Desember 2016, grup band legendaris Koes Plus akan menggelar konser bertajuk “Andaikan Koes Plus Datang Kembali” di Balai Sarbini, Jakarta. Tentunya pertunjukan ini bisa menjadi pengobat rindu...
  • Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media RIAUVIRAL.COM-Ratusan peserta dari berbagai media mengikuti Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu, 19 November 2016 di Gedung Perpustakaan Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ke-5 yang mengusung isu...
  • Iven Riau Trailrun Race, Harumkan Nama Pekanbaru RIAUVIRAL.COM-Iven Riau Trailrun Race (RTR) 2016 berlangsung sukses. Kegiatan yang diadakan Komunitas Pecinta Lari Alam Terbuka di Pekanbaru ini berhasil menyedot perhatian publik dan media sosial. Hal ini dibuktikan dari...

Pulau Jemur Surga Nelayan Tangkap

Pulau Jemur Surga Nelayan Tangkap
January 06
17:15 2017

RIAUVIRAL.COM-Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinis Riau. Jaraknya sekitar 45 mil dari negara Malaysia, sedangkan Provinsi Sumatera Utara terdekat dari gugusan Kepulauan Arwah ini. Alasan itulah banyak nelayan yang berasal Bagansiapiapi, Dumai, Bengkalis, Asahan (Sumatera Utara) bahkan dari negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura ikut menikmati menangkap ikan di perairan itu.

Gugusan Kepulauan Arwah ini, terdiri beberapa buah pulau, antara lain Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan Arwah ini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenang dan dalam.

pulau-jemur-2

Pulau Jemur, di Kepulauan Arwah, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau dari kejauhan, memiliki potensi perikanan yang menjanjikan.

Pada musim angin Barat Laut tiba, gelombang di Selat Malaka sangat besar sehingga nelayan-nelayan yang acap menangkap ikan di kawasan itu, singgah di perairan Pulau Jemur. Karena topografi pulau ini berbukit-bukit, maka terpaan angin tentu berkurang dan perairan di sekitarnya tenang. Alasan itulah mengapa para nelayan merasa aman berlabuh di perairan tersebut.

Selain terbilang aman, banyak nelayan yang berasal Bagansiapiapi, Dumai, Bengkalis, Asahan (Sumatera Utara) bahkan dari negeri tetangga (Malaysia dan Singapura), ikut menikmati banyaknya ikan diperairan itu. Tak heran, bila para nelayan menilai Pulau Jemur sebagai pulau sorga.

“Pulau ini surga bagi kami. Selain aman, diperairan ini ikannya sangat banyak,” aku Marjohan, nelayan asal Asahan, Sumatera Utara, kepada cekau.com.

Tapi, pengelolaan kawasan lindung harus tetap mengutamakan perlindungan dan pencegahan terhadap kerusakkan lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang terdapat di pesisir, melalui tiga zona; zona lindung, zona pemanfaatan bersyarat dan zona penyangga.

“Sasaran dari pengelolaan kawasan konservasi harus meningkatkan fungsi lindung terhadap tanah, air, iklim dan tumbuhan, serta satwa dari nilai sejarah dan budaya bangsa ini harus dipertahankan,” ujar Zulkarnain Umar, MSi, Pemerhati Sosial Budaya Masyarakat Pesisir.

Facebook Comments

About Author

dors

dors

Related Articles

Viral Quotes

Tak ada sebuah kebaikan yang sia-sia..tweet this quotes

Ikuti Kami di Twitter

Ikuti kami melalui Email

Dapatkan Postingan terbaru dari kami di Email anda

Translate