RiauViral.Com

RiauViral.Com

 Breaking News
  • Pecinta Konin Bersiaplah Untuk KOBER 3 Bagi pecinta Kolibri Ninja atau yang biasa disingkat Konin, siap-siap nih sebentar lagi ada iven yang bakal mengasah kekompakan kamu dengan si doi. Melanjutkan kesuksesan iven-iven sebelum nya, KKNP (Komunitas...
  • HUT IPP ke-61, Ikatan Putera Pekanbaru Adakan Turnamen Sepak Bola RIAUVIRAL.COM-Ikatan Putera Pekanbaru (IPP) Provinsi Riau, akan mengadakan turnamen sepak bola antar klub di Pekanbaru sekitarnya. Turnamen sepak bola terbuka untuk umum ini dilaksanakan pada Januari 2017 mendatang. Kegiatan yang...
  • Koes Plus Manggung Lagi Bulan Depan Direncanakan pada 9 Desember 2016, grup band legendaris Koes Plus akan menggelar konser bertajuk “Andaikan Koes Plus Datang Kembali” di Balai Sarbini, Jakarta. Tentunya pertunjukan ini bisa menjadi pengobat rindu...
  • Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru Diikuti Ratusan Media RIAUVIRAL.COM-Ratusan peserta dari berbagai media mengikuti Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu, 19 November 2016 di Gedung Perpustakaan Soeman HS Kota Pekanbaru. Festival media ke-5 yang mengusung isu...
  • Iven Riau Trailrun Race, Harumkan Nama Pekanbaru RIAUVIRAL.COM-Iven Riau Trailrun Race (RTR) 2016 berlangsung sukses. Kegiatan yang diadakan Komunitas Pecinta Lari Alam Terbuka di Pekanbaru ini berhasil menyedot perhatian publik dan media sosial. Hal ini dibuktikan dari...

Sungai Siak Ikon Wisata Sejarah Kota Pekanbaru

Sungai Siak Ikon Wisata Sejarah Kota Pekanbaru
January 06
13:05 2017

RIAUVIRAL.COM-Sungai Siak, dulu disebut Sungai Jantan, dapat menjadi ikon wisata perairan dan sejarah Kota Pekanbaru? Jika sungai Siak dijadikan wisata perairan, justru ditakutkan memberikan image negatif adanya pencemaran, sedimentasi dan polusi yang tidak sedap di sepanjang pesisir itu. Butuh perhatian semua pihak, agar  sungai Siak terkenal sebagai sungai terdalam di Indonesia itu masih melekat dibenak bangsa Indonesia.

Apa yang menarik bagi wisatawan lokal maupun macanegara ketika melihat potensi pariwisata, di Pekanbaru, Riau? Wisata kota. Nah, Pekanbaru sebagai barometer ‘Kota Bertuah’ ini, tentunya harus menjual daya tarik sungai Siak ini sebagai potensi wisata kota maupun sejarah.

Dari 287 tempat wisata, yang tersebar di Provinsi Riau, Pekanbaru juga memberikan berbagai pilihan menarik. Sebut saja, salah satunya, berjogging atau olah raga jalan kaki ketika senja menjemput, di Jembatan Siak I ataupun Jembatan Siak III dan IV (masih tahap pembangunan).

sungai_siak_ikon_wisata_pekanbaru_1

Sungai Siak terkenal kedalamannya di Indonesia. Namun ada pula memandang miris saat wisatawan melihat iba atas sungai Siak yang kini sudah tercemar berbagai limbah.

Di atas sungai Siak inilah sebagai alternatif menatap cahaya senja di atas permukaan arus sungai Siak. Tentunya ini pilihan yang bebas biaya. Apalagi aktivitas olahraga menjadikan sungai Siak sebagai pilihan utama para wisatawan. Alasannya, selain sungai Siak menjadi ikon kota Pekanbaru, yang terkenal kedalamannya, juga memiliki nilai sejarah kerajaan Siak Sri Indrapura tempo dulu.

“Sungai Siak bisa dijadikan sebagai ikon kota Pekanbaru. Apalagi kota wisata dan sejarah, ini terlihat dari atas empat jembatan. Sungai yang terkenal kedalamannya memberikan panorama keindahan di waktu sunset tiba,” terang Anas Aismana, tokoh Melayu Riau, lama bermastautin di Tanjung Rhu kepada riauviral.com, belum lama ini.

Tapi, apakah sungai Siak, yang dulu disebut sungai Jantan ini memberikan nilai jual bagi wisatawan? Ada anggapan, kata Anas lagi, sungai Siak bisa terkenal dan dikenal oleh pendatang karena historis dan kelebihannya dari sungai-sungai lain di Indonesia. Namun ada pula memandang miris saat pengunjung melihat iba atas sungai Siak yang kini sudah tercemar berbagai limbah.

“Tak usahlah kita mencicipi air sungai Jantan ini, tapi cobalah petang atau pagi hari, kita berdiri di atas Jembatan Siak I. Di sana akan tercium bau tak sedap dari limbah karet yang dihasilkan pabrik di dekat sungai itu,” jelas Anas, yang juga Seniman Riau ini.

Bau tak sedap yang menyengat hidung itu, lanjut Anas, tentu hal biasa bagi masyarakat setempat. Tapi, bila pejabat pemerintah melewati jembatan ini dengan membuka kaca jendela mobil dinasnya, tentu beda pula. Yang memalukan, apabila bau ini tercium oleh para atlit yang bertandang di Kota Pekanbaru.

“Kalau bau tak sedap ini tercium oleh para atlit, alamak, bisa kalah mereka sebelum bertanding nanti,” ujar Anas, sembari tertawa.*

About Author

dors

dors

Related Articles

Viral Quotes

"Bicaralah pada waktu. Karena ia tak akan mengejarmu"  ~unchutweet this quotes

Ikuti Kami di Twitter

Ikuti kami melalui Email

Dapatkan Postingan terbaru dari kami di Email anda

Translate